Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19

Unpak – Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, Program Studi Farmasi FMIPA UNPAK memberikan edukasi kesehatan ke sembilan tempat ibadah yang terletak di Bogor, Depok, dan Jakarta yaitu Masjid At-Taqwa, Masjid Nur Al-Barru, Umar Ibn Al Khattab, Baitul A’Maal,  Kujang Banjarwaru, Nurul Hikmah Al-Muarafah, dan Pura Giri Kusuma .

Seiring dengan penerapan new normal yang dikeluarkan oleh pemerintah, hal ini memberikan pengaruh pada pola hidup masyarakat. Saat ini masyarakat diperbolehkan kembali melakukan kegiatan seperti biasa termasuk dapat melakukan ibadah dengan memperhatikan protokol kesehatan. Agar dapat meminimalisir resiko penyebaran Covid-19 banyak cara yang dilakukan salah satunya adalah dengan menghimbau kepada para jamaah yang akan beribadah agar dapat hidup sehat dan memastikan keamanan satu sama lain dengan mengikuti protokol kesehatan selama di tempat ibadah.

Edukasi kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan di tempat ibadah, yaitu selalu menggunakan masker, membersihkan tangan dengan sabun, menjaga kebersihan tempat ibadah dengan rutin, penggunaan desinfektan di area masjid, menjaga jarak saat beribadah, dan membawa peralatan ibadah dari rumah.

Melalui edukasi berupa pemasangan spanduk dan banner di tempat ibadah, dapat mengingatkan masyarakat yang akan masuk dan melakukan ibadah. Sehingga masyarakat dapat mempersiapkan diri sebelum dan saat akan beribadah. Pemberian masker, dapat menghindari dari droplet atau percikan air liur penderita. Sabun dan hand sanitizer dapat melemahkan bahkan membunuh virus Covid-19.